Selasa, 27 Juli 2010

Proses Bisnis (Business Process)

Karakteristik Bisnis
1. Definitif: Suatu proses bisnis harus memiliki batasan,masukan, serta keluaran yang jelas.
2. Urutan: Suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu dan ruang
3. Pelanggan: Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses.
4. Nilai tambah: Transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah pada penerima.
5. Keterkaitan: Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu struktur organisasi.

Proses Bisnis
1. Proses pembayaran / akuisisi
serangkaian aktifitas yang melibatkan segala macam pembayaran dan perolehan barang/jasa
2. Proses konversi / pengubahan
serangkaian aktivitas yang mengubah barang/jasa yang diperoleh menjadi barang/jasa bagi para pelanggan
3. Proses pungumpulan dan penjualan
serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk mengantarkan barang/jasa kepada para pelanggan untuk mendapatkan pembayaran. Pada dasarnya proses pengumpulan / penjualan merupakan cerminan dari proses pembayaran / akuisisi

Aktifitas Proses Bisnis
1. Operating Events adalah suatu aktivitas operasi yang dilaksanakan di dalam proses bisnis untuk menyediakan barang dan jasa untuk konsumen.
2. Information Events termasuk tiga aktivitas : merekam data tentang kejadian operasi, pemeliharaan data referensi yang penting untuk organisasi, dan melaporkan informasi yang dibutuhkan untuk manajemen dan pengambil keputusan yang lain.
3. Decision/Management Events adalah aktivitas dimana manajemen dan orang lain membuat keputusan tentang perencanaan, pengawasan dan evaluasi proses bisnis.

1 komentar:

Adi mengatakan...

sangat normatif. yg penting go action! smoga sukses. ;)

Posting Komentar